Kotaku..., kota kita..., kota kamu...
Contact : 0813 8291 0789, 0812 6321 0471 (WA)

3 Agu 2012

Kristian

Jokowi-Basuki Figur yang Merangkul Semua Golongan


Pasangan Calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama memberikan keterangan pers di markas mereka di Jalan Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (11/7/2012). Berdasarkan hasil hitungan cepat dari sejumlah lembaga, pasangan ini diprediksi memenangi putaran pertama Pilkada Gubernur DKI Jakarta.
JAKARTA, KOMPAS.com — Politisi Partai Amanat Nasional, Bima Arya Sugiharto, menuturkan, salah satu kunci kemenangan pasangan calon Jokowi-Basuki pada putaran pertama Pilkada DKI Jakarta 2012 adalah karakter ketokohan yang cukup kuat.
"Sentimen kepartaian hancur pada Pilkada DKI Jakarta kali ini karena pasangan Jokowi-Basuki menampilkan figur yang terlihat mampu merangkul berbagai kalangan dan golongan," kata Bima Arya dalam diskusi "Masihkah Layak Lembaga Survei Dipercaya?" di Jakarta Media Center, Jakarta, Kamis (19/7/2012).
Dalam menghadapi putaran kedua, menurut Bima, kedua pasang calon harus lebih fokus pada ide dan gagasan ketimbang pencitraan. Ia pun menyetujui apabila Jakarta dianggap sebagai barometer politik nasional.
Bima melanjutkan, fenomena adanya swing voters atau pemilih yang ketika dilakukan survei belum menetapkan pilihan sampai hari H pencoblosan mengerahkan suara mereka kepada pasangan calon Jokowi-Basuki.
"Para swing voters ini memiliki kecenderungan bergerak ke arah Jokowi-Basuki," ujarnya.
Hal tersebut, menurut Bima, juga dikarenakan oleh faktor figur dan karakter yang dimiliki oleh pasangan calon besutan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tersebut.
"Karena figur dan karakter Jokowi maupun Basuki yang menawarkan ide perubahan. Selain itu, visi dan misi Jokowi-Basuki juga berhasil disosialisasikan media secara baik," katanya.
Hari Kamis (19/7/2012), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta telah menetapkan pasangan nomor urut tiga Joko Widodo-Basuki Tjahaja sebagai pemenang Pilkada DKI Jakarta 2012 putaran pertama.
Pasangan Jokowi-Basuki memperoleh suara tertinggi di antara lima calon lainnya. Berdasarkan penghitungan suara keseluruhan, pasangan Jokowi-Ahok meraup suara sebanyak 1.847.157 atau sebesar 42,60 persen.
Editor :
Benny N Joewono, http://megapolitan.kompas.com/read/2012/07/20/06320432/JokowiBasuki.Figur.yang.Merangkul.Semua.Golongan

Kristian

About Kristian -

Bekasi, kotaku..., kota kita..., kota kamu..., kota kita semua

Subscribe to this Blog via Email :